Langsung ke konten utama

Desa Wisata Kampung Bungur Jalatrang

 


Jalatrang news; Kampung Bungur Jalatrang merupakan kawasan ketahanan Pangan dan hewani yang berada di Desa Jalatrang Kec Cipaku kabupaten Ciamis Jawa Barat. Lokasi ini awalnya merupakan lahan yang kurang produktif. Dengan adanya program Ketahanan Pangan, di Tahun 2021, lahan ini mulai dimaksimalkan dengan diawalinya membangun Kandang kambing dan menanam pohon durian dan pembangunan kios Desa. Di tahun 2022 ada ketentuan dari Pemerintah Pusat bahwa dari Dana Desa wajib ada sebagian untuk anggaran Ketahanan Pangan dalam menunjang Pemulihan ekonomi Nasional.

Seiring berjalannya waktu, kawasan ini sekarang menjadi tempat untuk kegiatan Kelompok Wanita Tani Berlian yang menggarap lahan kosong dengan menanam ubi ungu sebagai unggulannya. Hasil pertanian ubi ungu tersebut di olah lagi oleh ibu ibu UP2K Jutawan dan Ekraf Jalatrang Hebat menjadi produk unggulan desa Jalatrang dan menjadi oleh oleh khas Desa Jalatrang.


Kampung Bungur Jalatrang sekarang menjadi tempat tujuan wisata edukasi khususnya dari sekolah sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka dengan program outingclass. Sudah banyak siswa setingkat PAU, SD, SLTP maupun SLTA datang ke kampung Bungur untuk belajar pertanian dan pengolahan pupuk organik.

Selain belajar pertanian, pengunjung yang datang ke Kampung Bungur akan disambut dengan ritual oray orayan dan dilanjutkan oleh pengenalan permainan tradisional jaman dulu, seperti egrang, sapintrong, perepet jengkol, sepdur, congklak dll.

Pengunjung yang mengambil paket edukasi juga akan di berikan welcome Snack khas desa Jalatrang yang berbahan baku ubi ungu dan juga diberikan penjelasan tentang pengolahan makanan tersebut.

Untuk mendapatkan paket tersebut, pengunjung harus konfirmasi terlebih dahulu kepada pengelola Desa Wisata Jalatrang.

Keterlibatan berbagai pihak, baik dari ibu ibu PKK, KWT, UP2K, ekraf, karang Taruna, Bumdes, dan unsur masyarakat, Alhamdulillah Kampung Bungur semakin berkembang, hal ini di dukung juga oleh Pemerintah Desa dan BPD Desa Jalatrang.

Hadirnya para pengusaha Desa Jalatrang yang ikut andil dalam pembangunan Kampung Bungur ini juga sangat mendukung cepatnya perkembangan Kampung Bungur. Dengan berdirinya mesjid As syuhada yang megah, adalah hasil dari kekompakan para pengusaha dan Agnia.

Semoga Kampung Bungur Jalatrang menjadi salah satu ikon Desa Wisata dan menjadi alternatif para wisatawan di Kabupaten Ciamis.


asdad20/04/2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JALATRANG MENDUNIA DENGAN POTENSI UNGGULAN DESA

GAMBARAN UMUM DESA JALATRANG Desa Jalatrang memiliki luas wilayah 630,375 hektar dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Desa ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis. Penduduk Desa Jalatrang terdiri dari 2.248 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sebanyak 6.513 jiwa yang terdiri dari 3.278 laki-laki dan 3.235 perempuan.   POTENSI DESA JALATRANG Desa Jalatrang memiliki beberapa potensi yaitu, Potensi Pertanian, Potensi Pariwisata, Potensi Kerajinan Tangan, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Produk Unggula Desa. Selanjutnya, saya akan menjelaskan sekilas potensi yang ada di Desa Jalatrang. 1.       POTENSI PERTANIAN Desa Jalatrang memiliki Potensi pertanian yang sangat besar, baik dari tanahnya yang masih subur dan luas (Sumber Daya Alam) serta masyarakat yang sebagian besar adalah petani (Sumber Daya Manusia). Potensi yang ada belum terlaksana dengan maksimal, masih banyak lahan kosong yang

HAYU WISATA DI JALATRANG SEPUASNYA

JalatrangNews ; Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis terdapat beberapa destinasi Wisata yang dapat dinikmati oleh para Traveler, baik wisata buatan, wisata alam, wisata kuliner, wisata edukasi maupun wisata budaya. Beberapa tempat yang dapat dikunjungi dan dinikmati bersama keluarga kerabat dan sahabat anda adalah: WATERBOM TIRTA SUMBER JAYA CIPANGALUN JATI SEWU CIBUNGBANG KAMPUNG BUNGUR JALATRANG KAMPUNG BILINGUAL (Cooming soon) KAMPUNG HORTIKULTURA KOPI DJATI  KEDAI DUREN CIPANGALUN DAPUR EMAK / KLINIK LAPAR SAUNG LESEHAN CIBUYUT VILLA DOMBA JALATRANG Berikut Wahana Wisata yang ada di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis 1. WATERBOOM TIRTA SUMBER JAYA CIPANGALUN Tirta Sumber Jaya Cipangalun Waterboom Sumber Jaya Cipangalun berlokasi di sebelah Barat dari Kantor Pemerintahan Desa Jalatrang, di Tempat Wisata tersebut terdapat beberapa wahana, diantaranya: Kolam renang, Ember tumpah, Perosotan, air mancur dll. Wahana Air mancur Fasilitas di lokasi wisata tersebu

SEJARAH DESA JALATRANG

AWAL MULA BERDIRI DESA DJALATRANG A. Awal mula Desa Jalatrang Menurut cerita turun temurun masyarakat berawal kisah Buyut Nata Praja, seorang tokoh dari Mataram yang datang ke wilayah Jalatrang pada tahun 1800, untuk mengecek 'Bengkok' tanah atau sawah yang pada saat itu pernah menjadi wilayah kekuasaan Mataram. Saat itu wilayah Jalatrang termasuk wilayah Galuh sudah diserahkan sepenuhnya oleh Mataram kepada pihak Kompeni, sesuai dengan perjanjian pada tanggal 15 Oktober 1705. Namun demikian, wilayah Galuh dan daerah Priangan timur lainnya tetap berada dalam wilayah administratif Cirebon. Di Galuh sendiri saat itu dipimpin oleh Mas Garuda yang memegang pemerintahan sejak tahun 1751 hingga tahun 1801, dengan gelar Radén Kusumadinata III. Dan selanjutnya digantikan oleh Raden Adipati Natadikusuma (1801-1806). Desa Jalatrang pada tahun 1800 pada akhir abad ke 18 di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Wiradidjaya, beliau masih keturunan dari Sumedang yang ditugaskan oleh Raden